Begini Kondisi Tol Surabaya-Ngawi yang Akan Dipakai Jalur Mudik Lebaran

Sponsored Ad

Sponsored Ad
SURABAYA - Pemprov Jatim berkoordinasi dengan PT Jasa Marga akan membuka akses tol Surabaya-Ngawi untuk jalur mudik lebaran 2017.
Tol Surabaya-Ngawi yang akan difungsikan untuk jalur mudik Lebaran pada H-10 Idul Fitri.

Meski sudah dipastikan demikian, saat ini kondisi tol tersebut belum sempurna. Karena itu, sejumlah pekerja dan kendaraan berat dikerahkan untuk mengebut penuntasan proyek tersebut. Targetnya, sepuluh hari menjelang lebaran, jalur itu sudah bisa dilalui kendaraan para pemudik. .

"Sebagian besar sudah cor wet lean concrete (WLC) dan yang lain masih rigid pavement. Masih pemadatan jalan," kata Direktur Teknik dan Operasi PT Jasamarga Surabaya-Mojokerto, Ari Wibowo.

Sementara itu, untuk jalur tol Surabaya-Mojokerto sepanjang 36 km, dipastikan Ari juga bakal bisa dilalui kendaraan meski baru sebagian yang sudah dicor.

Untuk pemudik dari Surabaya, akses masuk jalan tol Surabaya-Mojokerto adalah dari Waru, kemudian ke Karangpilang, Legundi, Krian, dan Mojokerto.

Kemudian akan dilanjutkan dari Mojokerto ke Jombang dengan akses di Bandar Kedung Mulyo. Kemudian berlanjut hingga Kertosono dan Ngawi.

Kepala Dishub Jatim Wahid Wahyudi menuturkan bahwa akses tol dari arah Ngawi juga akan dibuka untuk arus Balik. Semua ruas tol yang masih fungsional akan berlaku satu jalur.

"Kalau saat mudik H-10 tol dibuka dari arah Surabaya, setelah lebaran tol dibuka dari arah Ngawi. Aksesnya dari Kertosono," urai Wahid.

Kepala Dinas PU Bina Marga Gatot Sulistyo Hadi memastikan bahwa kondisi tol Surabaya hingga Ngawi sudah bisa dilalui.

Dari Ngawi, masuknya kendaraan ke tol di pertigaan Terminal Ngawi atau Klitik. Kemudian keluar di Wilangan Nganjuk. Dilanjutkan jalan arteri nasional sampai Kertosono.

"Dari Kertosono inilah, tol Kertosono ini arus balik dibuka hingga berlanjut ke Surabaya," kata Gatot.

Kondisi jalan sendiri saat ini tidak ada guardril pembatas jalan. Sisi jalan membahayakan karena badan jalan lumayan tinggi, yakni mencapai sekitar 50 cm.
Sponsored Ad
J4ngan Lupa B4ca T!ps Ber!kut ini: