Jembatan Poncol Ambrol, 400 KK Harus Memutar 15 Km

Sponsored Ad

Sponsored Ad
MAGETAN - Jembatan Poncol di Desa Sombo, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan, mengalami ambrol akibat fondasinya yang semakin terkikis, Jumat (5/5/2017), pukul 16.30 WIB.

“Penyebab putus dan ambrolnya jembatan karena kondisi jembatan sudah lama atau tua dan fondasi terkikis oleh banjir pada akhir tahun lalu,” ujar Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf melalui pesan elektronik yang diterima di Surabaya, Jumat malam.

Dia menambahkan tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur malam itu juga menuju lokasi kejadian untuk memastikan kondisi di lapangan, termasuk membantu masyarakat setempat.

“Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini dan BPBD setempat sudah melakukan tindakan, termasuk mengamankan lokasi yang berada di Kecamatan Poncol,” ucap Gus Ipul, sapaan akrab Saifullah Yusuf.

Pemerintah Kabupaten Magetan, kata dia, juga telah memberikan jalur alternatif memutar melalui Desa Ngunut, Kecamatan Parang.

Pada bagian lain, Kepala Desa Sombo Ismadi mengatakan ambrolnya jembatan tersebut diduga karena fondasi dan tiang jembatan yang terkikis akibat hujan deras dan banjir. Selain itu, dipicu oleh bangunan jembatan yang sudah tua.

“Jembatan itu memang sudah lama atau tua dan fondasinya mulai terkikis oleh banjir selama ini akibat tingginya curah hujan,” kata dia.

Sedikitnya ada 400 kepala keluarga (KK) yang terisolir akibat putusnya jembatan tersebut. Warga yang ingin pergi ke kecamatan ataupun Kota Magetan harus memutar melalui jalur alternatif melalui Parang yang jaraknya lebih jauh sekitar 15 kilometer.

Selain itu, rusaknya jembatan tersebut menyebabkan pipa saluran air bersih warga terputus. Warga desa setempat bergotong-royong memperbaiki pipa yang rusak tersebut akibat terbawa badan dan material jembatan yang terputus.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab Magetan Saif Muchlissun mengatakan koordinasi dilakukan dengan instansi terkait seperti BPBD dan Dinas Pekerjaan Umum setempat serta Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

“Terkait Jembatan Sombo di Poncol yang putus, kami langsung berkoordinasi dengan dinas-dinas terkait baik itu internal pemkab maupun pemprov sesuai arahan Bupati Magetan,” ujar Saif Muchlissun, Sabtu (6/5/2017).

Dia mengaku belum dapat memastikan kapan jembatan tersebut akan diperbaiki, sebab pendataan oleh pihak terkait masih dilakukan di lapangan.

“Hari ini, meski sedang libur, tim dari BPBD Magetan, Dinas PU, dan lainnya langsung menuju lokasi untuk melakukan pengecekkan dan pendataan kerusakan. Rencana secepatnya akan segera diperbaiki,” kata Muchlis.

Sumber : madiunpos.com
Sponsored Ad
J4ngan Lupa B4ca T!ps Ber!kut ini: