Komedian Cak Priyo Aljabar Tutup Usia

Sponsored Ad

Sponsored Ad
Surabaya - Komedian legendaris di Jawa Timur, Priyo Aljabar (52) tutup usia, Pk 21.21 Wib di RSUD Sidoarjo, Sabtu (27/5/2017). Pelawak yang bernama asli Priono dan terkenal dengan klub Galajapo ini selama setahun terakhir melawan ganasnya tumor yang bersarang di perutnya.

"Cak Priyo meninggal Pk 21.21 Wib, mohon dimaafkan jika selama ini almarhum memiliki kesalahan atau khilaf selama hidupnya," kata Suko Widodo, dosen Universitas Airlangga yang selama ini rutin menjenguk almarhum, Sabtu (27/5/2017).

Bagi Suko, dirinya tidak bisa melupakan kemahiran dan intelektual almarhum. Karena sejak 2001-2019, Suko duet dengan almarhum di stasiun televisi swasta Surabaya dalam mengisi program "Cangkrukan'.

"Kenangan saya cukup banyak, almarhum selain piawai dalam melempar joke-joke juga sangat menguasai isu-isu terkini yang menjadi tren di massyrakat," kenang Suko.

Yang masih membekas di hati Suko adalah sikap egaliter dan kekritisan almarhum yang disampaikan ke publik selalu sopan dan halus tetapi tajam.

"Almarhum cukup santun dalam berkomunikasi dan dalam joke-nya. Sangat kental intelektualnya meski dia mereprentatifkan sebagai sosok orang kampung," katanya.

Cak Priyo selain mahir dalam melawak, juga kondang saat didaulat mengisi sebuah acara. Cak Priyo juga mampu membawa suasana menjadi cair dan penuh tawa.

Demikian pula saat detikcom meluncurkan Biro Surabaya pada 21 Mei 2017 di Sheraton Hotel, Cak Priyo yang menjadi host juga tampil kocak dan membawa suasana menjadi meriah. Kini tokoh komedian yang masih berstatus Aparatur Negeri Sipil (ANS) Dinas Sosial Pemprov Jatim ini telah pergi untuk selamanya.

Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf atau Gus Ipul juga pernah menengok Cak Priyo di rumahnya di kawasan Jenggolo Sidoarjo. Gus Ipul saat itu memerintahkan Dinas Kesehatan membawa Cak Priyo untuk dibawa ke RSU dr Soetomo, Surabaya.

"Warga Jawa Timur tentu sangat kehilangan komedian yang punya gaya yang khas tersebut. Selamat jalan Cak Priyo," kata Suko Widodo yang juga bersama almarhum menelorkan acara Bang-bang Wetan dan berjalan setiap bulan purnama hingga sekarang.

Kepergian Cak Priyo ini menuai rasa kehilangan yang besar. di media sosial, mereka yang mengenal almarhum menumpahkan kesedihan dan rasa kehilangannya.

Personil Galajapo yang tersisa, M Chengho Djadi Galajapo juga merasakan kehilangan. Sebelumnya Lutfie Galajapo telah meninggal dunia karena kecelakaan.

Host kondang ini menuliskan isi hatinya di situs jejaring sosial facebook. "Innalillahi wainna ilaihi roji'un...Tlh wafat salah satu pendiri Galajapo, Cak Prio Aljabar. Selamat jalan kawan...Tenaga dan keringatmu ada di darahku," tulisnya.

Jenazah rencananya akan dimakamkan di TPU Pucang, Kelurahan Margersari.

Sumber : detik.com
Sponsored Ad
J4ngan Lupa B4ca T!ps Ber!kut ini: