Nginap di Rumah Calon Istri, Warga Italia Diamankan Imigrasi Blitar

Sponsored Ad

Sponsored Ad
Blitar - Andrea Bizzari (27) seorang warga negara (WN) Italia diamankan petugas Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) Kantor Imigrasi Kls II Blitar.
Andrea diamankan dari rumah calon istrinya, Aswin Munzila.

Selama dua pekan, mereka diketahui tinggal di lingkungan Tegalrejo, Desa Papungan, Kecamatan Kanigoro Kab Blitar.

Kasubsi penindakan imigrasi kelas II Blitar, Inggil Wicaksono Pratama menyatakan pengamanan dilakukan setelah ada laporan dari warga sekitar tempat tinggal Andrea.

"Begitu mendapatkan laporan dari warga, kami langsung mendatangi Andrea Bizzari di rumah wanita yang diakui sebagai calon istrinya," jelas Inggil kepada detikcom di lokasi, Senin (29/5/2017).

Setelah diperiksa, Andrea Bizzari memiliki dokumen lengkap. Namun dia datang ke Indonesia menggunakan visa bebas kunjungan, telah overstay kurang lebih selama lima hari.

Menurut Inggil, visa yang digunakan tidak bisa diperpanjang. Sehingga setelah 30 hari WNA tersebut harus meninggalkan Indonesia.

"Maksimal seharusnya sudah harus meninggalkan Indonesia sejak 24 Mei lalu, karena yang bersangkutan sudah berada di Indonesia sejak 26 April lalu," ungkapnya.

Kini, petugas imigrasi Blitar akhirnya membawa Andrea Bizzari beserta calon istrinya ke kantor imigrasi untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Jika terbukti menyalahi izin tinggal, maka sanksi terberat yang akan diberikan adalah deportasi.

"Sementara kita bawa ke kantor untuk dimintai keterangan lebih lanjut, nanti keputusan akan mendapatkan sanksi seperti apa tergantung kepala kantor," paparnya.

Secara terpisah Ketua RT setempat, Surip Rijanto mengatakan Andrea Bizzari diketahui tinggal di rumah Aswin Munzila di Desa Papungan sejak dua minggu lalu. Namun sejauh ini pihak RT tidak mengetahui kegiatan apa yang dilakukan WNA Italia itu di lingkunganya. Karena selama tinggal Andrea Bizzari maupun Aswin Munzila tidak pernah meminta izin dari RT.

"Di sini sudah dua minggu tapi kita tidak mengetahui secara pasti apa kegiatannya karena tidak pernah lapor ke kita," jelasnya.

Sementara Aswin Munzila mengaku jika keberadaan Andrea Bizzari di rumahnya adalah untuk mengurus surat-surat yang akan digunakan untuk menikah.

Sumber : detik.com
Sponsored Ad
J4ngan Lupa B4ca T!ps Ber!kut ini: