Tersambung Tol, Surabaya-Banyuwangi Bisa Tembus 3 Jam

Sponsored Ad

Sponsored Ad
Probolinggo - Pemerintah telah melelang kembali tol Probolinggo-Banyuwangi dan diharapkan bakal segera rampung dalam waktu lima bulan ke depan.

Tol sepanjang 172,91 km ini diharapkan bisa mendorong kelancaran arus barang dan manusia dari dan ke Banyuwangi, mengingat kawasan ini merupakan salah satu dari 10 destinasi wisata prioritas pemerintah pada era Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Foto: Agung Pambudhy

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Herry Trisaputra Zuna mengatakan, dengan tersambungnya tol ini, maka waktu tempuh dari Surabaya bisa dipangkas cukup signifikan.

Dengan kecepatan rencana 80-120 km/jam, maka Surabaya-Banyuwangi yang tadinya membutuhkan waktu 7 hingga 8 jam, maka jalur darat bisa ditempuh 3 hingga 4 jam.

"Selama ini kan orang dari Surabaya ke Banyuwangi kan mikir, karena waktunya lama. Dengan jalan tol sepanjang ini, dapat tiga jam, orang akan berubah pola pikirannya. Surabaya-Banyuwangi kan sekitar 250 km-an. Misalnya sejamnya 80 km, berarti dua tiga jam nyampe. Atau tiga jam-an nyampe," katanya kepada detikFinance saat dihubungi di Jakarta seperti ditulis Kamis (4/5/2017).

Selain itu, tersambungnya ruas ini, dipercaya juga akan akan membuka kawasan kota-kota yang akan dilalui di sana nanti. Ruas ini sendiri akan memiliki 7 buah seksi berbentuk interchange (IC) yang akan melewati tiga kabupaten, yakni Probolinggo, Situbondo, dan Banyuwangi.

"Orang akan lebih mudah untuk destinasi wisata di Banyuwangi. Dengan terbukanya hubungan tadi, transportasi akan jadi lebih murah. Dan mestinya pengembangan wilayahnya tadi akan lebih berkembang," tukasnya. (dna/dna)

Sumber : detik.com
Sponsored Ad
J4ngan Lupa B4ca T!ps Ber!kut ini: