Dinas Pertanian Ponorogo Nyatakan Hasil Lab. Daging Sapi Positif Gelonggongan, Pemkab Segera Terjunkan Tim

Sponsored Ad

Sponsored Ad
Ponorogo - Dinas pertanian kabupaten Ponorogo memperlihatkan hasil laboratorium terhadap  daging  sapi yang diduga gelonggongan, yang kasusnya sedang  ditangani  oleh  Satreskrim polres Ponorogo.


Hasil  pemeriksaan oleh  pengawas kesehatan masyarakat  veteriner  Bidang peternakan dinas pertanian kabupaten Ponorogo menunjukkan, bahwa  daging sapi asal Magetan yang ditangkap oleh sat Reskrim polres Ponorogo dinyatakan  positif gelonggongan.

Dari pemeriksaan Organoleptis  menunjukkan  daging dalam  kondisi basah, berwarna pucat dan berbau. Sedangkan  hasil  pemeriksaan  dengan alat pengukur,  kadar air dan ph meter  didapatkan  daging I kadar air mencapai 75,2 % dengan  Ph 6,56,  daging II  kadar airnya   76,7% dengan PH 6,27  dan  daging III  kadar air 76,8 % dengan PH 6,22. Sehingga  daging hasil  penyitaan oleh sat reskrim tersebut berada diatas ambang batas normal yaitu 73 %.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Ponorogo Harmanto  mengungkapkan Meski kasus yang  ditemukan  oleh sat reskrim polres Ponorogo ini adalah  pasokan dari luar Ponorogo namun  dinas pertanian  tetap waspada. Sehingga  dalam waktu dekat, Dinas pertanian   akan melakukan   sidak ke beberapa tempat penyembelihan hewan milik masyarakat di kabupaten Ponorogo. Kejadian   seperti kasus  penjualan daging gelonggongan, hampir setiap tahun menjelang hari raya ditemukan di kabupaten Ponorogo.

“Daging yang kita pasarkan harus yang Asuh. Yakni, Aman, sehat, utuh dan halal. Jika melihat fisiknya daging itu tidak boleh dipasarkan. Bukan hanya benar, tapi sangat-sangat benar gelonggongan. Melihat PH bau dan kadar air sudah melebihi batas, dan kita harus segera membentuk tim, kejadian seperti itu selalu ada tiap tahun menjelang hari raya” Terang Hermanto, Jum’at (02/Juni/2017) Siang.

Dua tahun lalu Dinas pertanian  menemukan pemasok daging gelonggongan  dengan TKP  di Desa Biting Kecamatan Badegan, Dan tahun lalu menangkap  di Kawasan Mlilir  desa  Sedah Kecamatan Jenangan ponorogo /dengan pemasok daging gelonggongan  berasal dari Kabupaten  Sragen. Dan Tahun ini  Sat reskrim polres Ponorogo meringkus  pemasok   daging glonggongan asal kabupaten Magetan. Melihat hal itu, dalam waktu dekat  Pemkab akan membentuk tim  untuk melakukan pemantauan dan pengawasan pangan, selain satgas pangan dari kepolisian yang sudah berjalan. (YAF)

Sumber : rri.co.id
Sponsored Ad
J4ngan Lupa B4ca T!ps Ber!kut ini: