Inilah Hasil Investigasi Tim Labfor Polri Penyebab Kebakaran Pasar Songgolangit

Sponsored Ad

Sponsored Ad
PONOROGO - Teka - teki penyebab kebakaran Pasar Songgolangit terkuak sudah. Tim Labfor Polri Cabang Surabaya menyimpulkan dari api terbuka. Artinya, terdapat sumber api sebagai pemicunya. bukan dari korsleting listrik.

‘’Kesimpulan kami karena ada api terbuka dari alat masak yang belum dimatikan secara sempurna,’’ kata Pemeriksa Madya Forensik Labfor Polri Cabang Surabaya AKBP Sudiharyono, saat dihubungi via telepon seluler,  Senin (5/6).

Kesimpulan itu diperkuat banyak warung di blok U Pasar Songgolangit yang terbakar, Minggu (14/5) malam itu. Namun, pihaknya belum memastikan titik awal api dari warung mana.

Sebab, ada lima warung di blok tersebut. Selain itu, jarak kebakaran dengan tutupnya sejumlah warung cukup singkat. Hanya sekitar 2,5 jam. Warung tutup sekitar pukul 17.00 Wib. Sedang, api membesar sekitar pukul 19.30 Wib.

‘’Menjalarnya api cukup cepat. Butuh waktu lebih lama kalau api dari jaringan listrik,’’ bebernya.

Selain itu, sampel kabel listrik yang diperiksa tidak menunjukkan sebagai penyebabnya. Sebaliknya, kabel terindikasi sebagai akibat. Itu terlihat dari bekas kerusakan logam dalam sampel kabel.

Dia menyebut kerusakan logam hanya sepotong-potong. Itu berarti, api dari luar kabel. Sebaliknya, kerusakan logam pada kabel bakal menyeluruh jika api berasal dari dalam alias lantaran hubungan arus pendek listrik.

Kecurigaan lain lantaran jaringan listrik terindikasi masih menyala saat kejadian. Itu dibuktikan dari keterangan saksi yang menyebut masih ada aktivitas jual-beli di areal parkir sisi barat saat api membesar di dalam pasar.

‘’Tetapi listrik masih mungkin menyala kalau rangkaiannya berbeda. Aliran otomatif padam hanya dalam satu rangkaian,’’ terangnya. (agi/sat/jprm)

Sumber : jawapos.com
Sponsored Ad
J4ngan Lupa B4ca T!ps Ber!kut ini: