VIDEO : Traktor mah Udah Biasa, Gimana Kalau Mobil yang Dipakai Buat Ngebajak Sawah?

Sponsored Ad

Sponsored Ad
SONGGOLANGIT.NET - Cara-cara tradisional yang dipakai membajaka semisal menggunakan sapi atau kerbau memang sudah lama ditinggalkan semenjak ada traktor.

Tapi traktor pun sepertinya sudah mulai ditinggalkan. Kini, mobil jenis SUV yang justru yang digunakan untuk membajak sawah layaknya sebuah traktor.

Itulah yang terjadi di salah satu wilayah di India yang terekam melalui sebuah video, seorang pria menggunakan Mitsubishi Montero untuk membajak sawah.

Dalam video itu, tak hanya Mitsubishi Montero yang dimiliki si petani. Dia juga memiliki SUV jenis lainnya seperti Toyota Innova, Toyota Fortuner, dan Toyota Land Cruiser.

Hanya saja tidak diperlihatkan ketiga mobil itu digunakan pula untuk membajak sawah atau tidak. Alasan si petani menggunakan mobil untuk membajak sawah tak lain karena cuaca dirasa olehnya sangat terik.

Video itu pun menuai beragam komentar dari netizen. Ada yang menyebut petani itu sudah kehabisan cara untuk menggunakan uangnya dan ada pula yang menyebutkan bahwa orang India semakin kaya.

Tapi tidak bagi netizen Indonesia. Menurutnya, petani di tanah air justru selalu menjadi kuli di negeri sendiri berbeda dengan petani di luar negeri yang mendapat jaminan dari pemerintahnya.


“di negara luar kehidupan petani memang berkecukupan karena pemerintahnya menjamin harga pangan dinegaranya, tidak disini petani selalu menjadi kuli di negeri sendiri, harga pangan yg merosot di tingkat petani, ijon,tengkulak,spekulan,importir bermain meruntuhkan harga dari para petani.. itulah Indonesiaku,” tulis Denis Waluyo.
Sponsored Ad
J4ngan Lupa B4ca T!ps Ber!kut ini: