Dinas Pendidikan Blitar Larang Pelajar Rayakan Valentine Day

Sponsored Ad

Sponsored Ad
Blitar - Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten/Kota Blitar melarang seluruh pelajar merayakan hari kasih sayang. Larangan itu diberlakukan baik di lingkungan sekolah maupun luar sekolah.

Larangan ini tertuang dalam surat resmi nomor : 420/228/101.6.11/2018 tertanggal 12 Februari 2018.

Surat ini ditujukan pada semua Kepala SMK/SMA/PK-LK baik negeri atau swasta di Blitar. Surat resmi ini juga ditembuskan kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jatim, Walikota dan Bupati Blitar serta Ketua MUI Kab/Kota Blitar.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kab/Kota Blitar, Suhartono ketika dikonfirmasi membenarkan surat edaran itu.

"Memang benar itu surat resmi dari kami. Telah kami kirimkan ke semua yang dituju pada 12 Februari kemarin. Supaya nanti pas tanggal 14 Februari, semua siswa baik di dalam lingkungan sekolah atau di luar lingkungan sekolah tidak ada yang melakukan segala bentuk aktivitas yang berkaitan dengan perayaan valentine," katanya dihubungi ,Selasa (13/2/2018).

Larangan merayakan valentin secara resmi itu menurut Suhartono, sebagai implementasi pendidikan karakter dan menciptakan kondusivitas kegiatan belajar mengajar.

"Itu bukan budaya kita, asal usul maknanya juga masih jadi polemik, untuk apa dirayakan," ujarnya.

Satu diantara kepala sekolah yang telah menerima surat larangan itu adalah Kepsek SMAN Kademangan, Sumino.

"Iya saya sudah menerima surat itu. Hari ini kami titipkan kepada semua siswa untum disampaikan ke wali murid," ucap Sumino.

Menurut Sumino, perayaan valentine di dalam sekolah memang tidak ada. Selain jam efektif belajar penuh materi pelajaran, biasanya siswa muslim memang tidak pernah merayakannya.

"Kalau di luar sekolah, itu bukan ranah kita. Kita ini trisentra pendidikan. Jadi ada kerjasama kemitraan sekolah, orang tua dan masyarakat," pungkasnya.

Sumber : detik.com
Sponsored Ad
J4ngan Lupa B4ca T!ps Ber!kut ini: