Galian C ditutup, sopir dump truck demo DPRD Ponorogo

Sponsored Ad

Sponsored Ad
Setenpo.com , Ponorogo -  Ratusan sopir dump truck pengangkut hasil tambang galian C yang tergabung dalam Paguyuban Reyog Damai, menggelar demo di depan kantor DPRD Ponorogo, Senin(01/02/2016). Mereka protes karena lokasi tambang galian C, tempat mereka mencari nafkah ditutup.
Salah satu perwakilan massa, Karsono berharap agar Pemkab Ponorogo dan DPRD segera memperjuangkan pembukaan tambang galian C. “Karena sudah sebulan lebih kami tidak bisa mendapatkan pasir dan bahan lain yang berasal dari tanbang galian C yang berada di sejumlah lokasi,” ucap Karsono, salah satu perwakilan sopir dump truck.
Ratusan kendaraan dump truck diparkir di depan gedung DPRD Ponorogo menuntut pembukaan lagi galian C
Ratusan kendaraan dump truck diparkir di depan gedung DPRD Ponorogo menuntut pembukaan lagi galian C


Dengan kata lain, para sopir tak memiliki penghasilan rutin. Selain itu, menurut sejumlah sopir, banyak dari dump truck milik mereka beli dengan cara mengangsur ke lembaga leasing.
“Bagaimana lho mas, truck kami ini beli dengan cara mengangsur, kami harus menyiapkan uang jutaan rupiah untuk mengangsur ke leasing. Kalau kami tidak bisa mengambil pasir dan menjualnya, dari mana kita bisa mengangsurnya,” keluhnya.
Selain itu sejumlah tuntutan yang mereka ajukan yaitu ijin tambang manual tidak dipersulit, tetap mengijinkan pertambangan yang berada di sungai, diberi tanda untuk tambang yang resmi dan tambang yang tidak berijin, dan pembebasan sejumlah armada truck yang ditahan di Mapolres Ponorogo.
Demo hari ini diikuti sekitar 500-an sopir. Karsono mengancam, jika tuntutan pembukaan tambang galian C tak dibuka, akan ada demo lanjutan dengan massa yang lebih besar. “Kalau tidak segera ada upaya untuk segera membuka pertambangan kami akan kembali menggelar aksi damai dengan jumlah yang jauh lebih banyak,” terang Karsono.
Sebelum mereka mendatangi kantor dewan terlebih dahulu mereka berkumpul di jalan baru dan kemudian melakukan longmarch meuju kantor DPRD Ponorogo dan berkumpul di depan alun-alun. @arso
Sponsored Ad
J4ngan Lupa B4ca T!ps Ber!kut ini: