Enam Bundaran di Ponorogo Akan di Rombak Lebih Kecil

Sponsored Ad

Sponsored Ad
KOTA – Seluruh bundaran di Ponorogo, kecuali yang di perempatan Pasar Legi Songgolangit, dipastikan bakal diperkecil, bulan depan. Tujuannya, memperlancar arus lalu lintas yang kian padat. Soal ukuran bundaran, tidak sama karena disesuaikan fungsi bundaran sebagai pengatur lalu lintas.

Plt Kepala Dinas PU Ponorogo Jamus Kunto menjelaskan, setidaknya ada enam bundaran yang akan diperkecil. Kecuali, bundaran pertigaan Ngepos dan Pasar Legi Songgolangit. Bundaran pertigaan Ngepos sudah diperkecil lebih dulu seiring rekayasa lalu lintas di Jalan Soekarno-Hatta. ‘’Bundaran Pasar Legi tidak perlu diperkecil dan masih efektif fungsinya sebagai pengatur lalu lintas,’’ tuturnya.

Jamus menambahkan, proyek memperkecil bundaran sudah dilempar di unit layanan pengadaan (ULP). Jika lancar, proyek siap digeber Agustus mendatang. Pihaknya menyediakan anggaran Rp 300 juta untuk proyek tersebut. Menurut Jamus, anggaran itu dirasa cukup lantaran pengerjaan proyek hanya untuk memperkecil. Soal fasilias berupa taman dan air mancur tidak diubah. ‘’Saya rasa cukup, selain memperkecil paling hanya penataan sedikit,’’ ujarnya.

Sementara itu, Jamus menyebut pihaknya saat ini mengusulkan Rp 100 miliar untuk perbaikan jalan dan jembatan dalam perubahan APBD. Menurutnya, usulan itu termasuk tidak banyak mengingat banyaknya titik kerusakan, terutama jalan. Beberapa yang dinilai parah di antaranya Somoroto, Pulung dan Ngrayun. Menurut Jamus, perbaikan jalan bakal dilakukan bertahap. Dia berharap perbaikan sudah bisa dimulai September mendatang. ‘’Anggaran sebanyak itu baru usulan. Yang turun berapa tergantung ketersediaan anggaran. Dan, kalau pun disetujui penuh, sepertinya juga masih kurang,’’ ungkapnya.(mg4/irw)

Sumber : www.radarmadiun.co.id
Sponsored Ad
J4ngan Lupa B4ca T!ps Ber!kut ini: